Mengenal Istilah-Istilah Pada Web

Mengenal Istilah-Istilah Pada Web Web atau situs adalah sebuah kumpulan informasi yang terdiri dari gambar, video, jurnal atau masih banyak lagi, banyak istilah-istilah yang terdapat pada web.

Berikut ini Istilah-istilah yang terdapat pada web :

1.

a)   CSS adalah Cascading Style Sheet. CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web dan mengendalikan komponen pada web agar lebih seragam. Ada dua sifat CSS yaitu Internal, artinya script dimasukkan langsung ke halaman web. Eksternal yaitu script diletakkan terpisah dan diletakkah dalam file khusus.

b)   ASP adalah Active Server Pages. Yaitu script yang berbasis server side artinya seluruh proses aplikasi dikerjakan sepenuhnya pada server. Dibutuhkan web server untuk membangun website dengan ASP. ASP secara otomatis akan terinstal bersama Windows Family.

c)   IIS adalah Internet Information Service/Server. Yaitu HTTP server yang digunakan dalam sistem operasi windows. IIS berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan pada layer Aplikasi. IIS.

d)   RDF adalah Resoruce Description Framework. RDF memberikan suatu meta data yang memungkinkan terjadinya prsoes pertukaran data secara fleksibel dan efisien. RDF merupakan metadata dispesifikasikan oleh WWW Konsorsium sebagai cara untuk mendeskripsikan resource yang ada di web.

e)   OWL adalah Onology Web Language. Merupakan script yang digunakan untuk merepresentasikan makna suatu obyek dan bagaimana reaksi antar obyek tersebut. OWL menggunakan kemampuan RDF untuk memodelkan informasi dari sekumpulan data. 

f)    DOM adalah Document Object Model. DOM merupakan obyek model standar untuk HTML/XHTML yang bersifat independen. DOM diperlukan Javascript untuk mengubah tampilan website secara dinamis. Dengan kata lain, DOM adalah cara Javascript melihat suatu halaman HTML

g)   MVC adalah Model View Controller. MVC merupakan sebuah pattern yang bertujuan memisahkan bisnis logic, data logic dan presentation logic atau sederhananya memisahkan antara disain, data dan proses. Tiga hal penting pada MVC yaitu Model berhubungan dengan interface dan interaksi ke database, View berhubungan dengan segala sesuatu yang ditampilkan ke enduser, Controller bertindak sebagai penguhubung data dan view.

h)   URI adalah Uniform Resource Identifier. Rangkaian karakter menurut format standar tertentu yang digunakan untuk menunjuk alamat suatu sumber dokumen/gambar. Sejak 1994 URL dikembangkan menjadi URI yang bersifat umum.

i)    CMS adalah Content Management System. Aplikasi yang memungkinan user untuk  memanipulasi suatu website. CMS umumnya terdiri dari dua elemen yaitu CMA (Content Management Application) dan CDA (Content Delivery Application). Elemen CMA diperuntukkan bagi manajer yang tidak punya pengetahuan tentang script untuk memanipulasi isi website. Elemen CDA digunakan untuk menghimpun informasi yang sebelumnya telah dimanipulasi pemilik website untuk memutakhirkan website tersebut.

j)    SOAP adalah Simple Object Application Protocol. Merupakan kombinasi dari XML yang dikirim melalui HTTP. SOAP adalah protokol untuk melakukan pertukaran data dengan cara terdistribusi maupun sentralisasi. SOAP dapat berkomunikasi dengan berbagai aplikasi meskipun terdapat perbedaan sistem operasi, teknologi dan bahasa pemrograman.

k)   WDSL adalah Web Service Description Language. WDSL merupakan bahasa standar yang menyediakan mekanisme untuk mendeteksi service yang disediakan oleh web service. WDSL dapat dianalogikan sebagai IDL (Interface Definition Language) dalam CORBA dan COM. Service didekripsikan sebagai koleksi dari entry-point atau port komunikasi. WDSL mendeskripsikan service dengan menggunakan elemen Type, Message, Port type, Binding, Port, Service dan Operation.

l)    AJaX adalah Asyncrhonous JavaScript XMLHTTP. Suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif. Tujuannya memindahkan sebagaian besar interaksi pada webserver ke client, melakukan pertukaran data antara server dan client di belakang layar sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang setiap kali user melakukan perubahan. Tujuan lain yaitu meningkatkan interaktivitas, kecepatan dan usability.

m)  XHTML adalah eXtensible Hypertext Markup Language. Script markup seperti HTML namun dengan gaya script lebih baik. Versi terakhir yang dibuat yaitu XHTML 2.0.

n)   JSON adalah JavaScript Obejct Notation). Merupakan format pertukaran data yang ringan dan mudah. Keuntungan JSON dibanding XML yaitu pada proses penterjemah data menggunakan Javascript. Javascript dapat menterjemahkan JSON menggunakan built-in procedural eval().

o)   XSLT adalah Extensible Stylesheets Language Transformation. Merupakan script dengan dasar XML yang digunakan untuk mentransformasikan dokumen XML menjadi dokumen lain. XSLT dipengaruhi oleh bahasa pemrograman fungsional. XSLT juga dapat dianggap templete processor. XSLT adalah Turing Complete.

p)   UDDI/Skema XML adalah Universal Description Discovery and Integration. Disebut juga Skema XML. UDDI berfungsi sebagai deskripsi yang programatik dari bisnis dan service yang didukung oleh deskripsi programatic dari spesifikasi web service model pemrograman dan schema.

q)   WSDL adalah Web Service Development Language. WSDL adalah format XML yang diterbitkan untuk menerangkan web service. WSDL mendefinisikan: pesan yang dikirim ke web service, koleksi digital dari pesan, bagaimana port type yang ditentukan menjadi wire protokol dan dimana service diletakkan. WSDL digunakan ketika skema XML tidak digunakan lagi dengan menyediakan jalur pesan group menjadi operasi dan interface.

2.       

a)   Applet adalah program yang dibuat dengan Java. Applet dapat diletakkan pada web server dan diakses melalui web browser. Browser yang dimaksud yaitu memiliki kemampuan Java. Misal IE, HotJava dan Netscape Navigator.

b)   NuSOAP merupakan kumpulan class pada PHP yang memungkinkan user mengirim dan menerima pesan SOAP (Simple Object Application Protocol) dari protokol HTTP. Keuntungan NuSOAP yaitu bukan PHP extention sehingga penggunaa tidak memerlukan registrasi khusus ke sistem operasi mupun web server. NuSOAP ditulis dalam PHP murni sehingga developer dapat menggunakan tanpa tergantung dari web server yang digunakan.
 
c)   Apache Tomcat digunakan untuk menjalankan aplikasi/website berbasis Java Servlet/JSP yang memiliki keamanan tinggi. Apache Tomcat merupakan open source.

d)   XmlHttpRequest digunakan untuk melakukan pertukaran data secara asinkron dengan web server. XmlHttpRequest juga digunakan untuk mengambil data dalam format HTML, JSON atau teks biasa. XmlHttpRequest adalah bagian penting dari AJAXdan digunakan website untuk melaksanakan responsif dan aplikasi web dinamis.

e)   Ontology merupakan sutu teori tentang makna dari suatu obyek, properti suatu obyek serta relasi obyek yang mungkin terjadi pada suatu domain pengetahuan.  Menurut Banaras ontology yaitu memberikan pengertian untuk menjelaskan secara eksplisit dari konsep terhadap reperesentasi pengetahuan pada sebuah knowledge base.

f)    Web Accessibility merupakan web yang dirancang untuk semua orang sehingga user memiliki akses yang sama terhadap informasi dan fungsionalitas. Kebutuhan akan web accessibility bertujuan untuk visual, mobilitas, pendengaran dan kognitif.

g)   XML namespace menyediakan metode sederhana untuk kualifikasi elemen dan nama atribut yang digunakan dalam dokumen XML. Dimana menghubungkan XML dengan ruang nama identifikasi dari referensi URI.

h)   Jena API adalah suatu kerangka kerja Java untuk membangun aplikasi web semantic. Jena termausk opensource. Menyediakan lingkungan program untuk RDF, RDFS, OWL dan SPAROL. Kerangka Jeni meliputi RDF API, bekerja pada RDF RDFS XML 3-tier, API OWL, memori dan penyimpanan persisten dan SPAROL permintaan mesin.

i)    Web Service suatu aplikasi yang dirancang untuk mendukung interoperabilitas dan interaksi antar sistem pada jaringan. Web service digunakan sebagai fasilitas website untuk menyediakan layanan (bentuk informasi) kepada sistem lain sehingga sistem lain dapat berinteraksi. Menyimpan data dalam bentuk XML. Bertujuan meningkatkan kolaborasi antar pemrogram dan perusahaan yang memungkinkan sebuah fungsi dalam web service dapat dipinjam aplikasi lain tanpa perlu mengetahui detail programnya.

j)    Javascript adalah script yang bekerja pada browser komputer client. Javascript dapat berjalan pada browser IE, Nescape, Opera atau Mozilla. Javascript dapat diembeded pada HTML/XHTML maupun ditulis terpisah pada file tersendiri (.js).

k)   Framework adalah sebuah tools untuk mempermudah dan mempercepat dalam membangun aplikasi web. Di dalam framework terdapat banyak kumpulan fungsi-fungsi siap pakai dan fungsi tersebut dapat saling berinteraksi. Contoh framework yaitu Codeigniter, Zend, Kohana, CakePHP, Prado, JQuery dan Yii setiap framework mempunyai kemampuan yang berbeda.

l)    Ajax Suggestion digunakan untuk membangun aplikasi web yang interaktif. Contoh penerapannya berupa saran pengetikan pada obyek text. Secara umum terdiri dari tiga file yaitu halaman berisi HTML, halaman berisi PHP dan halaman berisi Javascript.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mengenal Istilah-Istilah Pada Web"